Minggu, 16 Oktober 2016

Cara budidaya buah manggis dalam pot

I. Menyiapkan Bibit

Hal pertama yang musti dilakukan adalah menyiapkan bibit manggis yang akan ditanam. Terdapat dua jenis bibit tanaman yaitu bibt hasil dari perbanyakan generatif dan juga bibit dari hasil perbanyakan vegetatif. Untuk penanaman manggis dalam pot, pilihlah bibit vegetatif. Kelebihan dari bibit vegetatif adalh sifat tanamannya bisa dipastikan. Selain itu, bibit vegetatif juga dipercaya mampu berbuah lebih cepat.

II. Media Tanam

Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan media tanam. Media tanam dari tanaman buah dalam pot sendiri sangat bermacam-macam. Media tanam musti sanggup menyimpan air dan memasok nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Media tanam yang direkomendasikan untuk penanaman buah manggis dalam pot adalah campuran tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Siapkan pula pecahan genting atau sabut kelapa yang nantinya akan diletakkan di dasar pot.


III. Pot

Setelah bibit dan media tanam sudah siap, selanjutnya adalah menyiapkan pot yang digunakan sebagai tempat untuk menanam. Banyak jenis pot yang bisa digunakan, namun yang paling baik adalah pot yang terbuat dari tanah liat. Pot dari tanah liat memiliki pori-pori yang mampu menjaga kelembapan dan temperature media tanam yang digunakan. Sediakanlah pot tanah liat sesuai kebutuhan.

IV. Penanaman

Langkah penanaman dimulai dengan pencampuran media tanam yang terdiri dari tanah, kompos dan arang sekam. Masukkan pecahan genting atau sabut kelapa pada dasar pot. Kemudian masukkan campuran media tanam yang sudah dicampurkan ke dalam pot tanah liat yang sudah disiapkan. Pengisian media tanam hanya sampai setengah saja dari tinggi pot. Masukkan bibit tanaman manggis yang sudah disiapkan. Kemudian masukkan lagi campuran media tanam untuk menutupi bagian pankal batang dari bibit.

Setelah selesai, padatkan media tanam di sekitar pangkal batang bibit. Siram langsung dengan air untuk mendapatkan kelembapan. Setelah itu, tempatkan tabulampot di tempat yang teduh untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Tabulampot buah manggis sudah jadi.

Demikian tadi cara sederhana untuk menanam buah manggis dalam pot. Cara ini bisa digunakan untuk mendapatkan buah manggis yang ditanam ke dalam pot. Setelah proses penanaman telah usai, langkah selanjutnya adalah proses perawatan.

Proses perawatan sendiri meliputi penyiraman, pemupukan hingga pengendalian hama dan penyakit. Proses perawatan ini wajib dilakukan supaya bisa menghasilkan tabulampot yang diinginkan. Perawatan secara teratur juga akan memberikan kualitas buah yang baik.

Untuk penyiraman, waktu yang dianjurkan adalah pagi dan sore hari. Khusus untuk musim penghujan, penyiraman hanya akan dilakukan jika pot terlihat kering saja. Penyiraman baiknya menggunakan selang air. Jika tidak punya selang air, bisa menggunakan gayung.

Proses perawatan yang juga merupakan proses terpenting adalah pemupukan. Pemupukan dilakukan untuk memastikan tabulambot berbuah bagus. Pemupukan pertama dilakukan satu bulan setelah tanam. Selanjutnya bisa 2-3 bulan sekali. Baiknya menggunakan pupuk organik untuk tabulampot. Bisa memilih antara pupuk kandang atau pupuk kompos. Pupuk kimia menjadi opsi terakhir saja.

Selanjutnya adalah proses perawatan untuk mengendalikan hama dan penyakit. Hama yang sering menyerang adalah ulat bulu. Ulat bulu biasanya menyerang bagian daun yang masih muda. Untuk penyakit, manggis sering terkena penyakit hawar daun yang disebabkan oleh cendawan.


Untuk mengatasi hama dan penyakit, kita bisa menggunakan cara manual seperti memungut ulat bulu yang menempel. Jika hama dan penyakitnya parah, kita bisa menggunakan semprotan pestisida. Penyemprotan dengan pestisida kimia sendiri menjadi opsi terakhir.

Buah manggis yang ditanam dalam pot dapat berbuah setelah 3-6 bulan. Buah manggis dalam pot yang siap dipanen, umumnya berwarna merah kehitaman. Manggis yang akan dipanen harus diambil dengan hati-hati. Karena jika salah dalam proses pengambilan dapat menyebabkan memar dan timbulnya warna cokelat pada buah.

Budi daya manggis dalam pot ini mempunyai prospek yang cukup cerah. Dibandingkan dengan pohon, pot tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas. Jika memilih menggunakan pot, kita bisa menekan pengeluaran dalam hal lahan yang digunakan untuk menanam.

Cara budidaya buah manggis dalam pot



Sumber : kebunpedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar