Minggu, 16 Oktober 2016

Cara Menanam Semangka yang Tepat

Dalam cara menanam semangka, ada beberapa faktor yang Anda perlu siapkan. Beberapa faktor keberhasilan budidaya semangka diantaranya :

Lakukan tahap persiapan

Pada tahap yang satu ini Anda harus mulai melakukan beragam kegiatan dan mulai menyiapkan beragam bahan yang mencakup persiapan penanaman buah semangka. Persiapan pertama yang harus Anda lakukan yaitu lahan. Semangka bisa Anda tanam di lahan seperti kebun ataupun pada bekas sawah selama tanah memiliki sinar matahari yang cukup.

Lakukan tahap penanaman dan perawatan

Setelah nantinya media tanam siap kemudian Anda masukkan bibit ke dalam lubang dengan hati – hati. Anda ambil plastik bibit dengan sangat perlahan, celah sisa memasukkan bibit harus Anda tutup dengan tanah dan Anda siram dengan sedikit air supaya celahnya nanti tidak terbuka. Setelah bibit ditanam sekitar 3 sampai dengan 5 hari tanaman perlu Anda pantau guna menghindari bibit yang tumbuh terlalu cepat atau bahkan mati. Anda perlu menyiangi tanaman dan memberikan pupuk terbaik kepada tanaman semangka ini.

Masa panen
Semangka pada umumnya sudah dipanen sejak umur 70 sampai dengan 100 hari. Akan tetapi waktu panen juga sangat berpengaruh pada faktor perawatan, kondisi tanah, kualitas bibit dan iklim pada tempat Anda menanam semangka. Ciri – ciri semangka yang bisa Anda panen yaitu buah sudah cukup besar dan menjelang matang dengan batang mulai mengecil dan terjadinya perubahan pada warna buah.
Cara menanam semangka yang tepat

Sumber : pak-tani.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar